Selasa, 21 Oktober 2014

PERJALANAN 2



SNA, Bukti  STIE Widya Gama Lumajang Sudah Menasional
SNA  (Simposium Nasional Akuntansi) bukan hanya sekedar agenda Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPd) yang membahas hasil-hasil penelitian bidang akuntansi pemerintah, akuntansi keuangan, pasar modal, dan perpajakan. Lebih dari itu, merupakan ajang pembuktian bagi dunia pendidikan tinggi dalam melakukan penelitian. SAN ke –XVII berlangsung Universitas Mataram, Mataram (24 – 27 September 2014). Di ajang ini,  sejauh peran  dari institusi STIE Widya Gama Lumajang ? Berikut catatannya yang diringkas dari berbagai sumber.
-------------------------------------- 
Melihat  peserta yang ada, maka SNA memang benar-benar merupakan ajang bergengsi. Seluruh perguruan tinggi ternama di Indonesia baik negeri maupun  swasta. Perguruan Tingg Negeri seperti Unair (Surabaya), UGM (Jogjakarta), Universitas Indonesia (Jakarta), Universitas Brawijaya (Malang) dan lainnya. Sedangkan dari Perguruan Tinggi Swasta ada nama Universitas Widya Mandala (Surabaya), Universitas Atma Jaya (Jakarta) dan Universitas Al-Azhar (Jakarta).  Malah ada yang berasal dari University Of New England yang melakukan kolaborasi dengan  salah satu perguruan tinggi di Indonesia.
Tema Simposium Akuntnasi XVII adalah Peran Akuntan Dalam Mewujudkan Sustainable Development Melalui Integrated Reporting. Dengan dua kegiatan utama simposium hasil-hasil penelitian (kelas internasional dan kelas nasional). Dan sidang pleno yang membahas perkembangan bidang ilmu akunntansi (seperti: audit berbasis risiko, akuntansi syariah dan sebagainya) beserta kritikan dan evaluasi praktisi bisnis terhadap pengembangan kurikulum pendidikan akuntansi di Indonesia. Selain itu ada kegiatan pendukung yaitu  panitia mengundang para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk-produknya melalui stand-stand yang disediakan panitia di arena simposium.
Karya (baca : artikel) dari STIE Widya Gama Lumajang  yang berhasil menembus jajaran penelitian bersama dengan perguruan tinggi yang bergengsi ini berjudul Analisis Pengaruh  Anggota, Skala Koperasi,  Jumlah Kewajiban Dan Struktur Modal Terhadap Permintaan Audit Eksternal Koperasi Di Jawa Timu. Disajikan dengan apik oleh Ratna Wijayanti Daniar Paramita SE, MM di hadapan peserta lain. ‘’ Karya dari STIE Widya Gama dipresentasikan pada Kamis, 25 September 2014  pukul 14.00-16.00,’’ kata Ratna Wijayanti dengan serius. Sebelum dan sesudah karya  dari satu-satunya  sekolah tinggi ekonomi di Lumajang ini, ada karya-karya lain  yang juga ditampilkan. ‘’ Posisi dari artikel – artikel tersebut adalah sejajar,’’ paparnya.  Dalam arti, artikel yang dibawakan dan lolos dalam ajang ini melalui tahapan dan  persyaratan yang sama. ‘’ Tidak ada perbedaan antara  perguruan tinggi baik swasta maupun negeri,’’ ungkapnya bangga. Pokoknya memenuhi persyaratan dan dinyatakan lolos maka bisa mempresentasikan di forum ini. ”Ternyata STIE Widya Gama Lumajang tidak bisa lagi dipandang sebelah mata dalam ajang-ajang yang bersifat nasional. ‘’ Ajang SNA di Mataram merupakan bukti konkret terhadap semua ini,’’ tegasnya mantap.
Dalam forum ini, selain bisa mempresentasikan artikel, peserta  memperoleh kesempatan untuk bertemu dan berdialog maupun berdiskusi langsung dengan para penulis buku-buku penelitian yang sudah kondang dan banyak digunakan sebaga referensi baik di lingkungan akademik maupun publik. ‘’ Selama ini hanya tahu dari buku-buku yang dikarang, sekarang bertemu langsung dengan pengarangnya,’’ bebernya.  Tentu merupakan kesempatan langka karena tidak mesti bisa menemui secara langsung di luar forum SNA.
‘’ Banyak manfaat yang diperoleh  khususnya dalam mengukur  penelitian dari  lembaga pendidikan tinggi,’’katanya penuh harap.  Lembaga pendidikan tinggi boleh-boleh saja ada di daerah, namun  untuk urusan penelitian mampu lainnya   harus mampu menembus relung-relung tapal batas. Terbukti, STIE Widya Gama Lumajang bisa !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar