Untuk setiap mahasiswa yang ingin mempersembahkan
karya terbaiknya..
Assalamualaikum wr.wb.
Buku ini merupakan buku
ajar yang penulis siapkan untuk perkuliahan Metodologi Penelitian bagi
mahasiswa Akuntansi, STIE Widya Gama Lumajang.
Pada kesempatan ini
penulis ingin mengutip apa yang disampaikan oleh Prof. Suwardjono pada acara
Simposium Nasional Akuntansi XVII di Mataram. Berikut petikan tulisan beliau:
Dalam latar belakang masalah penelitian, sebagian besar naskah yang bersifat pengujian
hipotesis yang penulis
review selama ini tidak
mengajukan argumen dan teori sebagai tanggapan terhadap keterusikan (perplexity atau bewilderment) pikiran terhadap suatu fenomena atau keraguan (doubt) terhadap hasil penelitian sebelumnya. Pada umumnya hipotesis diajukan dengan mengacu, memilih, dan mendaftar berbagai
hipotesis dalam penelitian-penelitan sebelumnya serta menunjukkan hasilnya kemudian mengajukan hipotesis dengan ungkapan
“atas dasar uraian di atas, diajukan hipotesis sebagai
berikut ...” Tidak ada penjelasan argumentatif yang
mendukung arti penting pengujian hipotesis-hipotesis yang diajukan lebih dari sekadar pengujian kembali hipotesis
pilihan yang sudah ada. Kalau toh beberapa konstruk
(variabel) baru ditambahkan, tidak ada argumen yang valid dan mantap mengapa
meretia ditambahkan dan apa implikasinya terhadap hasil penelitian yang sudah ada.
Jadi, kebanyakan naskah tidak menguraikan alasan yang cukup kuat mengapa suatu masalah pantas untuk diangkat menjadi
penelitian.
Dengan demikian,
penelitian sebenarnya menjadi sekadar latihan penelitian (research
exercises) atau
bahkan hanya latihan statistis (statistical exercises). Setelah membaca-baca hasil penelitian, peneliti tampaknya
berpikiran: “Ah saya punya
atau dapat mengumpulkan data dan dapat membuat penelitian seperti itu.”. Masalah yang diteliti bukan timbul lantaran keterusikan terhadap suatu fenomena
tetapi sekadar apa yang telah dikemukakan dan diteliti orang lain tanpa disertai
keraguan dan sanggahan.
Akibatnya simpulan-simpulan penelitian
juga hanya mengulang apa yang telah diteliti sebelumnya bahkan hanya sebagian darinya.
Paling-paling ada penjelasan “... hasil penelitian ini konsisten dengan penelitian sebelumnya” tanpa ada teori
atau tujuan yang diarahkan untuk menentukan konsistensi tersebut. Tidak
berarti bahwa peneliti tidak
boleh mereplikasi penelitian. Kalau hal demikian dilakukan,
harus ada
argumen yang kuat yang dilandasi keraguan dan keterusikan yang tinggi
mengapa suatu penelitian perlu direplikasi.
Pada “keterusikan” itulah
yang diharapkan akan menggali ide bagi peneliti untuk menghasilkan penelitian
yang mahakarya. Penelitian dibuat bukan
semata-mata gugur kewajiban untuk menyelesaikan skripsi, tapi lebih dari itu
penulisan skripsi adalah implementasi apa yang mahasiswa sudah peroleh selama
perkuliahan dan apa yang dapat mahasiswa berikan untuk almamater, untuk dunia
pendidikan di penghujung studi strata satunya.
Buku ajar ini penulis
susun dengan tidak terlepas dari referensi literatur buku-buku metode
penelitian, sebut saja: Augusty Ferdinand, Mudrajad Kuncoro, Sugiyono, Uma
Sekaran, Jogianto, Emory, Suwardjono (hand out dan makalah). Termasuk juga
buku-buku tentang alat uji statistik SPSS dan AMOS: Singgih santoso dan
Nugroho.
Buku ini terdiri dari 2
bagian, bagian isi adalah buku ajar yang disusun sesuai dengan kompetensi
pembelajaran dan silabus metodologi penelitian. Bagian kedua adalah catatan
lepas yang disajikan dengan tujuan memberikan gambaran dan contoh variasi model
penelitian agar mahasiswa tidak terjebak hanya pada model pengujian regresi
linier sederhana/berganda.
Sebagai Edisi perdana,
penulis sangat menyadari buku ini masih jauh dari sempurna, baik dari tatacara
penulisan buku ajar, isi materi, kedalaman diskusi maupun keluasan penyampaian
konsep-konsep penelitian. Untuk itu besar harapan penulis akan adanya saran dan
review dari pembaca, agar penulis dapat menyempurnakan pada edisi berikutnya.
Dengan rasa hormat saya
sampaikan terimakasih untuk pihak yang telah berkenan mereview buku ini dan
memberikan motivasi hingga terselesaikannya penulisan buku ajar ini.
Terakahir, harapan
penulis, penyajian buku ini semoga dapat menunjang proses perkuliahan
Metodologi Penelitian, sehingga mahasiswa dapat menyusun proposal dan laporan
skripsi pada akhir masa perkuliahan dengan benar.
Semoga buku ini menjadi
bacaan yang menyenangkan layaknya sebuah buku fiksi yang memberi hiburan bagi
pembacanya.
Wassalam, Wr. Wb.
Ratna
Wijayanti DP, SE, MM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar